Keistimewaan Ayam Birma Sebagai Ayam Aduan

Keistimewaan  Ayam Birma  Sebagai Ayam Aduan

Ketika Anda sedang mencari ayam aduan, ayam Birma sepertinya akan menjadi pilihan yang cukup menarik. Namun demikian, Anda sebaiknya memahami bahwa saat ini ada ayam Birma original ataupun ayam Birma yang merupakan hasil silangan. Selain itu, jenis ayam ini di Indonesia rupanya masih kalah populer dibandingkan ayam bangkok bahkan bisa dikatakan bahwa penggemar ayam Birma ini hanya sekitar sepertiga dari penggemar ayam bangkok. Hal ini memang sangat dimaklumi karena memang belum terlalu banyak orang terutama pemula yang begitu mengenal kualitas ayam ini.
Padahal, ketika Anda mengenal, kualitas yang dimiliki ayam Birma sebenarnya juga tidaklah terlalu buruk meskipun mungkin memang masih berada di bawah kualitas ayam bangkok sebagai ayam aduan. Ketika berlaga, ayam Birma memiliki keunggulan dari segi pukulan layang yang mampu membuat musuh mendapatkan kesakitan. Keakuratan pukulan yang dimiliki ayam ini bahkan bisa dibilang lebih bagus dibandingkan ayam bangkok. Ayam jenis ini mungkin bisa dijadikan pilihan terbaik untuk ayam petarung pada kelas pukulan ayam taji. Kualitas yang dimiliki ayam Birma inilah yang membuat pecinta ayam aduan tertarik untuk menjadikan ayam tersebut sebagai ayam petarung yang akan berlaga.

Meskipun Anda bisa dengan mudah menemukan ayam Birma yang ditawarkan sebagai ayam aduan, Anda sebaiknya bisa lebih cermat dalam memilihnya. Tidak semua ayam birma yang tersedia di pasaran memiliki kualitas bagus dan hebat karena ada banyak ayam birma yang ternyata hasil persilangan ayam birma original dengan ayam kampung. Meskipun memiliki tampilan yang mungkin serupa, namun kedua jenis ayam tersebut baik yang original ataupun hasil persilangan memiliki gaya tarung yang berbeda. Ayam Birma hasil persilangan lebih condong memiliki karakter tarung seperti ayam kampung yaitu solah lari.

Kenali Ciri Khas dari Ayam Birma
Dengan popularitas yang semakin meningkat dalam beberapa waktu terakhir ini, ternyata hal ini membuat banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dengan menjual ayam Birma silangan. Bila Anda memang sedang mencari ayam aduan yang berkualitas unggul, Anda sebaiknya memilih ayam Birma original dengan beberapa ciri khas yang dimilikinya baik dari segi fisiknya ataupun gaya bertarungnya.

1 Postur dan ukuran tubuh

Ayam Birma termasuk sebagai salah satu jenis ayam dengan postur seta ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan berbagai ayam laga lainnya. bahkan berat yang dimiliki ayam Birma asli yaitu kisaran 2 hingga 2,5 kg saja. Beberapa pecinta ayam aduan seringkali melakukan kawin silang ayam Birma dengan ayam bangkok untuk mendapatkan turunan ayam laga yang memiliki kualitas jauh lebih unggul. Selain itu, tujuan kawin silang tersebut adalah untuk mendapatkan postur tubuh ayam Birma yang lebih kekar dan tangguh sehingga ia akan berlaga dengan kualitas yang jauh lebih unggul.

2 Bentuk wajah

Selain memiliki postur dan ukuran tubuh yang relatif mungil, ayam Birma asli memiliki bentuk wajah yang khas. Ayam ini memiliki bentuk wajah yang terlihat tajam dengan paruh yang pendek bergaris serta kuat. Telinga ayam ini berbentuk lebih besar dan paruh yang lebih kecil dibandingkan ayam bangkok yang memang sudah sangat populer di kalangan pecinta ayam aduan sejak dulu kala. Ketika Anda cermati, ada suatu keunikan dari ayam Birma asli yaitu pada beberapa jenis ayam ini akan tampak seperti memiliki jenggot yang ada di bawah paruh ayam.

3 Mata

Ciri khas lain yang bisa dilihat dari ayam Birma asli adalah dari matanya. Ayam ini memiliki sepasang mata yang agak besar dan tampak sedikit cembung sehingga tampak seperti sedang melihat. Bentuk mata inilah yang juga mendukung tampilan ayam ini terkesan lebih ganas serta garang saat berlaga. Bahkan, dengan bentuk mata tersebut, ayam Birma justru terkesan lebih bringas dibandingkan ayam Bangkok ataupun ayam laga lainnya.

4 Bulu

Ayam Birma asli memiliki bulu-bulu sayap yang panjang dan tebal. Warna bulu ayam ini juga lebih bervariasi dengan adanya campuran warna abu-abu, merah, dan wido.

5 Bentuk kaki

Bila dilihat dari bentuk kaki yang memiliki tulang kaki kecil dan tipis, ini mungkin akan menjadi kekurangan yang dimiliki ayam jenis ini sebagai ayam aduan. Ayam aduan biasanya memiliki tulang kaki yang besar dan kokoh yang sangat berperan untuk berlaga. Meski demikian, ayam Birma bisa memiliki pukulan hebat dengan gaya tarung pukulan layangnya.

6 Telinga

Bila Anda merasa kesulitan untuk menemukan ayam Birma yang asli, Anda sebaiknya tak luput untuk memperhatikan telinga dari ayam tersebut. Ayam Birma memiliki warna putih pada telinganya yang menunjukkan bahwa ia merupakan turunan ayam liar dengan mental laga yang kuat dan pantang mundur.

7 Jengger

Ayam Birma memiliki jengger yang tegak berbentuk bantam ular dan terbelah menjadi dua.

Keistimewaan Ayam Birma

Bagi para pecinta ayam aduan, Anda pastinya ingin menemukan ayam aduan yang berkualitas unggul sehingga peluang Anda mendapatkan kemenangan akan semakin besar. Meskipun ayam Birma memiliki postur dan ukuran yang tidak terlalu besar bahkan relatif lebih kecil dibandingkan ayam aduan lainnya, hal ini bukan berarti bahwa jenis ayam ini memiliki kualitas bertarung yang buruk. Ada beberapa keistimewaan yang dimiliki ayam Birma yang mungkin akan membuat Anda semakin yakin untuk memilih jenis ayam ini sebagai ayam aduan Anda.

Ayam Birma memiliki mental dan semangat bertarung yang luar biasa. Meskipun tulang kaki ayam ini terbilang kecil dan kurang kokoh, ayam ini memiliki naluri menyerang yang patut diperhitungkan. Selain itu, ayam Birma asli memiliki gaya tarung dengan jenis pukulan taji yang tergolong sangat akurat. Gaya tarung yang dimiliki ayam Birma asli spesial dengan adanya teknik menghindar tanpa bisa dikunci lawannya. Hal ini dikarenakan ayam Birma asli mampu mengontrol jarak dengan lawan ketika bertarung. Jenis ayam ini juga memiliki kemampuan untuk melancarkan pukulan taji ke arah lawannya sehingga ayam Birma mampu memenangkan pertarungan hanya dalam hitungan menit.

Permainan sabung ayam memang menjadi bagian dari tradisi yang ada di berbagai daerah meskipun saat ini permainan ini lebih didominasi dengan unsur perjudian. Bagi para pecinta judi sabung ayam, menemukan ayam aduan terbaik dan berkualitas unggul pastinya menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan sehingga peluang kemenangan pun akan semakin besar. Bahkan, dengan adanya layanan sabung ayam online sekalipun, menemukan ayam aduan terbaik untuk bertarung di laga sabung ayam pastinya menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Bila Anda memang menyukai permainan sabung ayam baik secara online ataupun offline, Anda sebaiknya memahami dengan baik berbagai tips cara memilih ayam aduan yang berkualitas unggulan. Anda hendaknya memahami karakteristik dan ciri khas dari ayam yang akan bertarung untuk Anda termasuk ketika Anda tertarik untuk memilih ayam Birma sebagai ayam aduan.

Post a Comment